Ketahui penyebab komputer suka restart sendiri agar dapat mengetahui cara mengatasi PC restart sendiri di windows.

Ada kalanya saat menggunakan komputer mengalami gangguan seperti suka restart sendiri. Secara tiba-tiba PC mati lalu menyala kembali yang mengakibatkan hilangnya data penting karena belum sempat di save.

Jika hal ini terus dibiarkan maka dapat merugikan pengguna, serta dapat merambat kerusakan ke komponen hardware lainnya.

Segera cek dan perbaiki PC secepat mungkin agar tidak bertambah parah dan bisa berfungsi normal kembali. Tidak perlu langsung dibawa ke tempat service karena pada kasus tertentu masih bisa diperbaiki sendiri.

Penyebab PC restart sendiri

Untuk bisa memperbaiki PC yang suka restart sendiri maka kita perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Secara umum biasanya ada beberapa penyebab yang menjadi biang kerok utama dan berikut ini ulasannya.

1. PSU bermasalah

Penyebab utama yang sering terjadi pada PC suka restart sendiri biasanya ada pada PSU. Jadi patut dicurigai utama karena PSU atau power supply ini sering bermasalah.

Perlu diketahui bahwa PSU punya umur pemakaian yang terbatas. Performanya akan berbanding lurus menurun seiring dengan umur pakainya.

Jadi ada baiknya untuk mengganti PSU lama dengan yang PSU baru jika umur pemakaian sudah di atas 5 tahun lebih.

2. Driver bermasalah

Driver menjadi hal penting karena jika sampai bermasalah maka salah satu akibatnya adalah bisa membuat PC suka restart sendiri.

Pastikan semua driver sudah install yang benar sesuai varian hardware serta juga sudah update versi paling baru.

Khususnya untuk pengguna AMD Radeon yang biasanya sering mengalami masalah pada driver. Dan ini menjadi kekurangan hingga saat ini karena pihak developer amd tidak memberikan layanan sebaik Nvidia dalam hal driver.

Jangan heran jika tiba-tiba saat menjalankan software tertentu seperti game atau lainnya tiba-tiba restart sendiri karena driver GPU crash.

3. Motherboard rusak

PC yang suka restart sendiri bisa karena motherboard yang rusak atau bermasalah. Ada banyak komponen di motherboard dan salah satu di antaranya bisa jadi ada yang terbakar.

Perhatikan apakah ada kapasitor yang menggelembung atau bau gosong ? Jika iya maka bisa coba dengan mengganti motherboard yang baru.

Cara mengatasi PC restart sendiri

Nah setelah mengetahui beberapa penyebabnya maka kini akan membahas bagaimana cara mengatasi PC restart sendiri.

1. Ganti Power Supply

Power supply yang sudah lemah karena faktor usia biasanya akan menyebabkan PC kekurangan pasokan daya sehingga suka restart sendiri.

Cara mengatasinya bisa mengganti dengan power supply yang baru. Pastikan juga sudah mengantongi sertifikat efisiensi 80+ serta menggunakan merk ternama seperti seasonic atau FSP agar tidak abal-abal.

Sangat tidak direkomendasikan untuk membongkar PSU bagian dalam karena bisa menyebabkan seseorang celaka. Sebab meskipun power supply sudah tidak terhubung ke stop kontak tetapi masih bisa ada sisa setrum di bagian kapasitor utamanya.

2. Klaim Garansi

Apabila PC yang kamu gunakan adalah PC branded dan masih garansi maka bisa langsung klaim agar bisa ditukar atau diperbaiki.

Ini juga berlaku untuk PC rakitan karena komponen seperti PSU FSP atau Seasonic biasanya punya garansi yang panjang hingga 5 tahun lebih.

Contohnya saja PSU FSP Hydro G pro yang merupakan flagship dari FSP ini punya masa garansi hingga 10 tahun.

3. Ganti Thermal Paste

Thermal paste yang sudah kering pada CPU dan GPU bisa menjadi penyebab utama PC suka restart sendiri secara terus menerus.

Solusi terbaiknya yaitu dengan mengganti thermal paste yang baru. Usahakan untuk pakai thermal paste bermerk agar punya performa yang bagus dalam menghantarkan panas secara berkelanjutan.

Dalam pemakaian normal biasanya thermal paste cukup diganti sekitar 1 tahun sekali atau 2 tahun sekali. Bahkan bisa lebih dari itu jika bisa menjaga suhu CPU dan GPU tetap rendah selama pemakaian sehari-hari.

Gunakan monitoring seperti windows task manager atau MSI afterburner agar bisa melihat suhu hardware secara realtime.

Demikian pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi PC restart sendiri untuk pengguna windows. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi yang sedang mengalami masalah serupa.